tidak hanya ibu, suami dan keluarga pun harus tau,,,apa aja yang harus disiapkan sebelum ibu melahirkan…
simAK yukkZ…

  1. Fisik dan mental. Persiapan fisik :  makan, minum, dan istirahat yang cukup. Persiapan mental : dukungan keluarga, terutama suami; pendamping saat persalinan; kehadiran tenaga kesehatan.,mengapa demikian,,,???..ibu yang akan bersalin butuh energi tidak hanya dari dirinya sendiri, gerakan bayi yang akan lahir,,,tetapi dengan adanya support dari orang terdekat, akan meningkatkan kekuatan ibu untuk mengejan secara otomatis)
  2. Tempat persalinan. Pemilihan tempat diputuskan atas kesepakatan bersama suami. Tempat bersalin bisa di rumah, di Rumah bersalin (RB), atau rumah sakit.
  3. Tabungan, mulai dari dini yuk dipersiapkan
  4.  Donor darah,,
  5. Kendaraan,,hubungi orang terdekat yang mempunyai kendaraan,,bernegolah dengan mereka,,,agar suatu saat apabila ibu merasakan kenceng-kenceng akan melahirkan, dengan cepat datang ke lokasi pelayanan kesehatan terdekat..
  6. Alat-alat yang perlu dibawa : Untuk ayah (jam tangan, kartu atau kunjungan pemeriksaan kehamilan, KTP (suami-istri, beserta foto kopinya), alat mandi, makanan kecil, baju ganti, nomor telefon saudara atau teman.))
  7. Untuk ibu (Baju yang nyaman dan menyerap keringat, berkancing depan,  kosmetik, bra yang sesuai, makanan ringan yang disukai ibu dan bergizi tinggi, baju untuk pulang seperti (hamil 5-6 bulan),,jadi siapkan baju yang sesuai yaaa…, sandal, pembalut wanita khusus untuk ibu bersalin, alat mandi)
  8. Untuk bayi : a.   Kain untuk menggedong, pakaian bayi, popok, selimut bayi, minyak telon, sabun bayi))..,,bayi boleh dimandikan setelah 6 jam lahir,,,yang sebelumnya dilakukan Inisisasi Menyusui Dini minimal 1 jam dengan ibu,,,agar suhu bayi tetap hangat…,,setelah dimandikan,,bayi tidak perlu diberi bedak,,,cukup diberi minyak telon saja agar tubuh hangat…